Konsultan ISO Training Pelatihan ISO Integrasi ISO Download ISO Sertifikasi ISO 9001 14001 OHSAS 18001 20000 22000 26000 27001 28000 29001 31000 50001

Sertifikasi

Apa Manfaat Sertifikasi ISO ?

Organisasi dan perusahaan seringkali ingin mendapatkan sertifikat untuk standar manajemen sistem ISO (misalnya ISO 9001 atau ISO 14001) meskipun sertifikasi ini bukan keharusan. Alasan umum sertifikasi itu karena ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Sebuah perusahaan mungkin memutuskan untuk menempuh sertifikasi karena berbagai alasan, seperti misalnya sertifikasi dapat:
  • menjadi persyaratan kontrak atau peraturan jual beli
  • diperlukan untuk memenuhi preferensi pelanggan
  • termasuk dalam konteks program manajemen risiko, dan
  • membantu memotivasi staf dengan menetapkan tujuan yang jelas untuk pengembangan sistem manajemen.

Organisasi/lembaga ISO berperan dalam pengembangan standar internasional, termasuk standar sistem manajemen seperti ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 31000. Namun, mereka tidak terlibat dalam sertifikasi untuk setiap standar itu. Sertifikasi dilakukan oleh badan sertifikasi eksternal, yang sebagian besar swasta. Oleh karena itu sebuah perusahaan atau organisasi tidak dapat disertifikasi oleh lembaga ISO.

Ketika sebuah perusahaan atau organisasi bersertifikat atas standar ISO mereka akan menerima sertifikat dari lembaga sertifikasi. Meskipun nama standar ISO muncul di sertifikat ini, tidak berarti organisasi/lembaga ISO yang telah menerbitkan sertifikat itu.

Meskipun ISO tidak melakukan sertifikasi, Komite pada Kesesuaian Assessment (CASCO) telah menghasilkan sejumlah standar yang berhubungan dengan proses sertifikasi. Kriteria yang termuat dalam publikasi itu merupakan konsensus internasional mengenai praktik yang baik berkaitan dengan sertifikasi. Perusahaan sertifikasi  biasanya beroperasi sesuai dengan standar internasional tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Lembaga Sertifikasi ?
Berikut ini dapat menjadi pertimbangan umum dalam memilih lembaga sertifikasi:
  • evaluasilah beberapa badan sertifikasi
  • ingat bahwa yang termurah bisa lebih mahal dalam jangka panjang jika audit adalah di bawah standar
  • tanyalah apakah lembaga sertifikasi mengimplementasikan ISO / IEC 17021:2011, Conformity assessment-Persyaratan lembaga audit dan sertifikasi sistem manajemen, dan
  • tanyalah apakah mereka terakreditasi. Akreditasi adalah bukan kewajiban dan jika sebuah organisasi tidak terakreditasi tidak selalu berarti hal itu adalah buruk. Meskipun demikian, akreditasi tetap merupakan konfirmasi kompetensi secara independen. Lembaga sertifikasi terakreditasi dapat diidentifikasi dengan menghubungi badan akreditasi nasional di negara Anda.