Konsultan ISO Training Pelatihan ISO Integrasi ISO Download ISO Sertifikasi ISO 9001 14001 OHSAS 18001 20000 22000 26000 27001 28000 29001 31000 50001

Standard Operational Procedure

Tingkatkan daya saing bisnis Anda!

Lipat gandakan laba usaha Anda! Ciptakan aktivitas operasional yang efektif dan efisien di seluruh lini bisnis Anda. Gunakan SOP.

Deltaprima membantu Anda membangun SOP yang tepat sesuai dengan proses bisnis Anda, apapun sektor usaha Anda.

Kami memberikan pelatihan dan pendampingan untuk membangun SOP proses-proses penjualan, pemasaran, pengadaan, perencanaan produksi, produksi, kendali mutu, perawatan mesin, gudang/inventori, sumber daya manusia, manajemen resiko, teknologi informasi, keamanan informasi dan data, dan lain sebagainya.

Prosedur Operasional Standar (SOP) adalah dokumen yang menggambarkan tugas pekerjaan rutin berulang. Tujuan dari SOP adalah untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan selalu dengan cara yang sama. Sebuah SOP harus tersedia di tempat di mana suatu pekerjaan dilakukan.

Suatu SOP menjadi acuan bagi karyawan untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas tertentu. Karyawan baru menggunakan SOP untuk mengetahui banyak hal tanpa harus mengganggu supervisor untuk menanyakan bagaimana suatu proses pekerjaan dilakukan.

SOP adalah instruksi wajib. Jika diperbolehkan ada penyimpangan dari instruksi ini, syarat dan ketentuan untuk pengecualian ini harus dinyatakan secara tertulis, termasuk siapa yang dapat memberikan izin untuk pengecualian ini dan apa yang harus dilakukan agar prosedurnya tetap lengkap.

Operasional berbagai bidang industri memerlukan adanya SOP.

Standar mutu internasional ISO 9001 mensyaratkan didokumentasikannya proses-proses kerja sebagai prosedur operasi standar yang digunakan dalam setiap proses bisnis yang bisa mempengaruhi kualitas produk/jasa. Aspek penting dari suatu sistem mutu adalah untuk bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Bahkan seluruh proses bisnis harus dijelaskan dalam serangkaian SOP yang saling terkait.