Konsultan ISO Training Pelatihan ISO Integrasi ISO Download ISO Sertifikasi ISO 9001 14001 OHSAS 18001 20000 22000 26000 27001 28000 29001 31000 50001

Teknologi Masa Depan Kini Sudah Digunakan

Kini, semakin banyak produsen melengkapi mobil yang dijualnya – khusus segmen premium – dengan teknologi keselamatan aktif masa depan. Tujuannya, mencegah pengemudi berbuat ceroboh dan berhadapan dengan bahaya. Tersebutlah sistem lane changing alert, pencegah tabrakan, night vision, rem otomatis dan mobil yang bisa menyetir sendiri (autonomous car).

Salah satu dari rentetan teknologi tersebut, yang dibahas kali ini adalah Lane Shanging Alert (Warning) System. Lebih khusus lagi, sistem peringatan pindah lajur yang digunakan Cadillac pada XTS. Pada mobil ini, sistem peringatan tidak hanya menggunakan suara dan visual, juga getaran (sudah digunakan pada ponsel).

Keputusan General Motors (GM) menambahkan peringatan getaran karena sistem suara dan visual belum sepenuhnya ampuh atau efektif. Kemungkinan pengemudi, bahkan penumpang cuek dengan suara peringatan dan indikator visual di panel instrumen, bisa saja terjadi. Bagian yang digetarkan adalah jok yang diduduki pengemudi, bergetar kanan-kiri.

GM langsung mengklaim (tentu saja mematenkannya), Cadillac XTS adalah mobil pertama di dunia menggunakan sistem peringatan getar jok. Getaran tidak hanya untuk memperingatkan pengemudi saat pindah lajur, juga waktu parkir. GM menyebut sistem ini “Cadillac Safety Allert Seat”.